Kondusif di Tengah Panasnya Tragedi Kanjuruhan, Bobotoh di Garut Diberi Penghargaan

oleh -588 Dilihat

Garut – Sejumlah komunitas Bobotoh Persib pada Rabu 12 Oktober 2022 menerima penghargaan dari Kapolres Garut.

Penghargaan itu diberikan karena para Bobotoh di Garut dinilai tidak bersifat reaktif saat insiden maut di Stadion Kanjuruhan terjadi.

Menurut Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, pihaknya sangat bangga dengan sikap para Bobotoh Persib yang ada di Garut.

Mereka bisa bersikap lebih dewasa dan bekerja sama dalam menjaga kondusivitas daerah sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tak diharapkan.

Dikatakannya, komunitas Bobotoh Persib yang mendapatkan penghargaan dari pihaknya yakni Viking Distrik Garut, Ultras 26CC Garut, Bomber, The Bombs, dan Garman.

“Selama ini kerja sama antara sejumlah komunitas Bobotoh Persib dan aparat kepolisian di Garut telah terbangun dengan baik,” ujar Wirdhanto.

“Salah satu bentuk komunikasi yang terjalin adalah terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan beberapa waktu lalu,” ujarnya seusai pemberian penghargaan di Mapolres Garut.

Disebutkannya, selama ini komunikasi yang terjalin antara komunitas Bobotoh dengan aparat kepolisian di Garut sudah secara intens dilaksanakan.

Bahkan pada saat momentum di Stadion Kanjuruhan Malang terjadi, pihaknya banyak menerima masukan terkait evaluasi, masalah-masalah penyelenggaraan persepakbolaan di Garut, termasuk korelasinya dengan liga-liga di tingkat nasional.

Wirdhanto juga menyampaikan alasan pihaknya memberikan penghargaan kepada komunitas Bobotoh Persib yang ada di Garut.

Salah satunya, mereka tetap bisa menjaga sikap dan tidak bersifat reaktif saat insiden maut di Stadion Kanjuruhan terjadi.

Mereka justru bersifat konstruktif, tak mau melakukan hal-hal yang bisa saling menambah keruh suasana sehingga kondusivitas di Garut tetap terjaga dengan baik.

Menurut Wirdhanto, pihaknya memahami bahwa saran dan masukan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan kelancaran dalam penyelenggaraan liga yang digelar.

Ia pun bersama komunitas Bobotoh telah memastikan akan memberikan bantuan semaksimal mungkin demi terciptanya kondusivitas di wilayah Garut.

“Hal ini tentu sangat kami apresiasi karena ketika ada permasalahan sekecil apapun, kami akan mudah berkomunikasi,” ujarnya.

“Apalagi komunikasi yang kita jalin sudah berlangsung sejak lama dan selama ini kami pun sudah terbiasa berdiskusi, terutama dengan para korlap komunitas Bobotoh,” ucapnya.

Ketua Viking Distrik Garut, Dede Herlansyah, menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan Kapolres Garut kepada komunitas Bobotoh Persib di Garut.

Ia pun mengajak semua Bobotoh Persib yang ada di Garut untuk dapat bersinergi dengan pihak kepolisian khususnya dalam hal menjaga Kamtibmas di Kabupaten Garut.

“Sebagai Bobotoh, kita tentu sangat fanatik untuk selalu membela kesayangan kita, Persib Bandung disamping tentu kita juga sangat membela Persigar,” ucap Dede.

“Namun rasa fanatik kita jangan sampai menimbulkan hal yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain oleh karenanya mari kita sama-sama menjaga sikap untuk kondusivitas Garut,” ujarnya.***

 

Sumber: Pikiran Rakyat

No More Posts Available.

No more pages to load.